Jenius, Tabungan Kekinian ala App Mobile dari Bank BTPN

12/14/2017

What is Jenius?

Jenius adalah salah satu produk Tabungan perbankan dari Bank BTPN. Tabungan ini memiliki fungsi utama yang sama dengan jenis tabungan pada umumnya yaitu menyimpan uang, transfer bank, melakukan pembayaran atau pembelian dan lainnya. Seperti jenis tabungan lainnya, Jenius pun terdaftar di OJK dan dijamin oleh LPS.
Lalu apa beda nya Jenius dengan tabungan pada umumnya?

Jenius berbentuk Aplikasi Mobile yang dapat di download melalui Playstore / Apple store. Pendaftaran akun dapat dilakukan melalui aplikasi mobile tersebut, kemudian verifikasi ke cs Bank BTPN & selanjutnya akan mendapat kartu Debit yang dikirimkan ke alamat user. User akan mendapatkan no.rekening bank BTPN dan mendapat $cashtag (id akun jenius). Seperti umumnya tabungan yang memiliki nomor rekening & kartu debit, maka Jenius pun dapat melakukan transfer antar bank, setor tunai, tarik tunai dan sebagainya. Istimewanya, setiap bulan kita diberi jatah 25x transfer antar bank GRATIS & 25x tarik tunai di seluruh ATM berlogo Visa tanpa biaya admin. Selain itu juga tidak ada biaya bulanan rekening/kartu debit. Plus nya lagi, tabungan yang disimpan di Flexi Saver (Flexi Saver akan dijelaskan dibagian Fitur) juga mendapat bunga setiap bulannya. Hanya saja member Jenius tidak diberikan buku tabungan, dimana seluruh transaksi financial dilakukan dan direkap dalam sebuah Aplikasi Mobile.

Debit cards like Credit cards (and I love this).

Kartu debit jenius, selain berfungsi untuk tarik tunai di atm maupun digesek untuk belanja di merchant-merchant yang berlogo visa (tanpa biaya admin). Fitur Visa Pay Wave yang terdapat pada kartu Jenius ini juga dapat digunakan untuk transaksi di website, marketplace, atau pun situs-situs ecommerce (baik lokal maupun asing) yang mengharuskan pembayaran hanya via kartu kredit.
Saat bertransaksi, kamu hanya perlu memilih pembayaran credit card, mengisi nomor kartu, expired date dan kode CVV 3 digit yang ada di kartu, dan taraaa... saldo jenius kamu akan terpotong otomatis sesuai dengan jumlah pembayaran transaksi online kamu.
Tidak hanya itu, kartu debit jenius ini juga dapat digunakan transaksi di mesin gesek baik debit atau credit layaknya penggunaan kartu kredit yang tidak memerlukan autorisasi pin.
Meskipun dapat digunakan untuk transaksi pembayaran seperti layaknya kartu kredit, Namun debit card Jenius ini tidak bisa digunakan untuk kredit cicilan yaa.. Jadi, debit card ini hanya digunakan untuk transaksi-transaksi pembayaran cash sesuai dengan saldo yang kamu punya di Jenius.
Transaksi online yang sudah pernah saya lakukan dengan kartu Jenius yaitu bayar-bayar via Paypal, beli themes website di situs luarnegeri, bayar Agoda.com, saldo grabpay, belanja di ecommerce indo, bayar iklan instagram dll. :)). Kalau transaksi offlinenya: tarik tunai di atm manapun & belanja2 gesek pake debit card jenius di mesin EDC nya BCA (kalo di edc nya mandiri, biasanya sering gagal konek).

Untuk transaksi yang pakai dollar, biasanya Jenius langsung akan mengkonversikan nilai tukar rupiah dengan kurs Jenius saat itu. So, kita bisa bebas beli apa saja dari situs luar negeri dengan Jenius ini, tapi jangan lupa bayar pajak bea cukai nya juga ya guys :)).

Selain itu, kartu Jenius ini juga bisa kita pakai di luar negeri loh :)). Kamu bisa tarik tunai atau gesek saat belanja di merchant-merchant luar negeri yang berlogo Visa. :D
How cool is this card!


Bisa nambah sampai 3 kartu debit sekaligus dalam 1 nomor rekening.

1 Nomor rekening dengan 1 kartu debit sih sudah biasa. Nah di Jenius ini selain kamu mendapatkan 1 kartu debit, kamu pun bisa request X-Card (kartu debit tambahan) maksimal sampai 3 kartu. X-Card ini sama fungsi nya dengan kartu debit utama yaitu untuk tarik tunai, transfer via atm, gesek saat belanja atau belanja online dengan metode pembayaran credit/debit card. X-Card ini dapat kamu berikan ke orang lain, misalnya orang tua, adek, kakak, istri dan lainnya. Kamu dapat mengisi saldo X-Card nya, mengatur limit transaksi, serta menampilkan history transaksi. Jadi bisa kamu pantau, x-card nya digunakan untuk bayar apa saja. Oya, masing-masing kartu debit Jenius ini memiliki pin sendiri-sendiri, sehingga pin nya bisa kamu bedakan masing-masing kartu.


How to get Jenius?

  1. Download app Jenius (search: Jenius BTPN) di Playstore atau Applestore, kemudian instal app tersebut. 
  2. Pilih Register, Dokumen yang perlu kamu siapkan:

      >> 
      1. Alamat Email
      2. Nomor HP
      3. Klik Next
      4. Foto KTP kamu
      5. minta tolong teman mu untuk foto in "Kamu sambil pegang KTP"
      6. tanda tangan di kertas kosong, kemudian Foto tanda tangan mu tadi
      7. Foto NPWP mu (kalau tidak punya, bisa pakai NPWP orang tua atau suami atau kakak)
      8. Klik Upload.

  3. Ikuti petunjuk registrasi berikutnya sampai selesai.
  4. Datang ke Bank BTPN untuk melakukan aktifasi akun. atau jika kamu berada dalam area yang tercover agen Jenius, kamu dapat pilih bertemu agen, maka agen Jenius akan mendatangi tempatmu langsung saat itu juga.
  5. Tunggu kartu Debit mu datang (biasanya sekitar 1 minggu).
  6. Aktifasi kartu mu, dengan memilih menu M-Card pada akun Jenius, kemudian isikan Nomor Kartu, Tanggal Expired, dan kode CVV.
  7. Selesai.
Jadiii... kamu sudah punya jenius belum?
Simak juga penjelasan lanjutan mengenai fitur-fitur, cara aktivasi paypal & konek dgn paypal serta bagaimana cara mengelola keuangan dengan Jenius ini. Tunggu my next post yaa... :)




5 comments:

  1. iya enak nih pake jenius. banyak promonya pula. Asik, gak nyesell..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Ezca, iya mba bener banget. Banyak promo nya juga & multifungsi :D

      Delete
  2. dari kemaren ngiler pengen bikin jenius, lagi banyak promo belanja online.

    ReplyDelete
  3. Wahh sangat menginspirasi sekali. Artikelnya bagus dan pembahasannya lengkap... :)

    Ads: Mafia Harga merupakan situs referensi pembahasan harga barang terbaru yang mungkin akan menjadi bermanfaat buat kita semua sebelum membeli produk/barang.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.