Pengalaman mudahnya bikin Kacamata pakai BPJS

1/20/2018

Kamu bisa mengajukan klaim kacamata BPJS setiap 2 tahun sekali loh dear.
Kamu sudah punya kartu BPJS Kesehatan (atau Kartu Indonesia Sehat) ?

Nah kalau sudah punya, kamu bisa memanfaatkan kartu BPJS tersebut untuk pengajuan pembelian kacamata. Lumayan kan kamu bisa dapat potongan harga 150-300ribu atau bahkan Gratis. :D
Syarat kacamata yang diajukan hanya diperbolehkan untuk kacamata minus, plus atau silindris ya. Tidak berlaku untuk pembelian kacamata normal apalagi kacamata gaya. :D

Jadi, saat itu aku dikasih tau temenku kalau BPJS kesehatan ini bisa juga dimanfaatkan untuk periksa mata sekaligus pembuatan kacamata. Wiiww.. langsung deh besoknya aku coba, karna kebetulan aku sudah berencana untuk periksa mata juga.

Berkas yang perlu disiapkan untuk dibawa:
  1. KTP
  2. Kartu BPJS
  3. Kartu Keluarga
Yak, mari kita mulai prosedur periksa mata & klaim kacamata dengan BPJSnya:

1. Datang ke Faskes I sesuai yang tercantum di BPJS kamu

Jam 8 pagi aku sudah menyambangi puskesmas Gondokusuman II Yogyakarta karna faskes BPJS ku terdaftar disitu. Aku pun mengambil nomor antrian kategori Poli Umum. Setelah beberapa menit, aku dipanggil untuk mengisi pendaftaran dengan menyerahkan kartu BPJS & kartu Puskesmas. Jika belum memiliki kartu puskesmas, maka kamu hanya perlu untuk mengisi beberapa data pendaftaran.

Setelah pendaftaran, aku diminta untuk menunggu lagi dipanggil ke Poli Umum. Sekitar 15 menit berlalu, aku pun dipanggil ke Poli Umum. Sesampainya di Poli Umum, aku bilang saja ke dokternya mau minta rujukan untuk periksa mata & buat kacamata, kemudian dokternya pun memberikan pilihan Rumah Sakit rujukan. Setelah aku tanya-tanya seputar rumah sakit tersebut, akhirnya aku memutuskan ke RS. dr.Soetarto, pertimbanganku karna rumah sakit tersebut kan rumah sakit TNI, biasanya lebih cepat prosesnya & lebih deket juga sih lokasinya, hihihi :D

Kemudian dokternya menuliskan catatan tertentu dan bilang, "Ini nanti dibawa ke bagian pendaftaran ya, setelah dapat surat rujukannya nanti dibawa ke saya untuk saya tanda tangan". Yak setelah itu aku langsung menuju ke bagian pendaftaran, di bagian pendaftaran pun aku langsung menyerahkan surat dokter tersebut & 5 menit kemudian langsung diprintkan surat rujukannya. Selanjutnya aku menuju ke ruang dokter lagi, untuk meminta tanda tangan (tanpa perlu antri lagi ya). Dan yeey, surat rujukan sudah ditangan.:D
Lama proses 30 menit.

2. Fotocopy Berkas-Berkas

Sebelum menuju ke rumah sakit rujukan, aku memfotocopy semua berkas-berkas yang ada, biar nggak bolak balik. Berikut berkas-berkas yang aku fotocopy masing-masing rangkap 3:
  • Surat rujukan puskesmas (Faskes I)
  • Kartu BPJS
  • KTP
  • Kartu Keluarga
 Masing-masing di copy rangkap 3 ya minimal. :D

3. Menuju ke RS. dr. Soetarto (Faskes tingkat II sesuai rujukan)

Sesampainya dirumah sakit, aku langsung mengambil nomor antrian pendaftaran. Sekitar 20 menit nomorku pun dipanggil. Kemudian aku diminta untuk menyerahkan persyaratan yaitu:
  • 2 Lembar fotocopy Kartu BPJS
  • 2 Lembar fotocopy KTP
  • 2 Lembar fotocopy Kartu keluarga
  • dan 1 Lembar fotocopy surat rujukan dari faskes I
Nah kan, untung sebelumnya sudah aku fotocopy semua. :D Selanjutnya aku diminta untuk mengisi formulir & berhubung itu pertama kalinya aku berobat ke rs. dr.soetarto maka aku diminta membayar Rp.10.000 untuk membuat kartu member rekam medis (ini seperti kartu member Puskesmas).

Setelah pendaftaran, aku pun diminta untuk menuju ke Poli Mata, di poli mata aku hanya menunggu 2 antrian dan itu cepet banget. Kemudian aku pun masuk ke ruang periksa, disana alat periksa nya sudah berbasis komputer, jadi mataku hanya ditempelin ke alat periksanya lalu alatnya langsung ngeprint hasil minus mataku.

Selanjutnya, dokter pun membuat kan resep kacamata, saat itu aku diminta menunggu sebentar untuk dipersiapkan berkas resep kacamatanya. Nggak sampe 10 menit, resep kacamatanya pun jadi. Kemudian aku diminta menuju ke ruang kasir BPJS untuk mendapatkan legalisir.

Aku pun menuju ke ruang kasir BPJS tanpa membawa resep apapun, katanya nanti disana tinggal bilang saja atas nama siapa. Sampai di kasir BPJS, aku langsung saja bilang mau ambil resep kacamata atas nama xxxx. Aku menunggu sekitar 15 menit kemudian resep kacamata + kwitansi BPJS nya pun jadi. Selain itu, kita juga diberikan daftar Optik yang bekerja sama dengan BPJS.
Yeeyy.. siap hunting kacamata. :D
Resep Kacamata + Kwitansi BPJS nya ini berlaku seminggu, jadi misal kamu belum sempat hunting kacamata hari itu juga, besok-besoknya juga masih bisa kok. :D
Lama Proses 45 Menit.

4. Fotocopy Resep Kacamata + Kwitansi BPJS

Sebelum menuju ke optik, aku memfotocopy Resep Kacamata + Kwitansi BPJS tersebut 2 rangkap saja.

5. Menuju ke Optik

Yak, setelah sampai di optik. Aku tanya-tanya harga lensa dulu, kemudian setelah cocok, petugasnya menjelaskan syarat apa saja untuk pembelian dengan BPJS, yaitu:
  • 1 Lembar Fotocopy kwitansi BPJS + Resep rujukan dokter
  • 1 Lembar Fotocopy BPJS
  • 1 Lembar Fotocopy KTP
Berikut detail belanjaan kacamataku:
Untuk Lensa ku yang silindris plus & sudah anti radiasi kena harga 400ribu, lumayan yah :|, katanya lensa silindris + plus emang agak mahal, udah gitu hrs pesen dulu seminggu :|. Kemudian frame nya harga 250ribu. Jadi total, 650ribu. Dikurangi potongan BPJS 200ribu, jadi aku bayar 450ribu saja. Hihihi

Oya, di Optik-optik bpjs juga menyediakan frame standar, dimana kamu bisa dapatkan lensa+frame seharga tanggungan BPJS kamu, jadi kamu bisa dapatkan kacamata gratis. Atau jika kamu sudah punya frame kacamata, kamu boleh loh bawa frame sendiri. Jadi tinggal beli lensanya saja. :D

Nilai tanggungan BPJS sesuai kelasnya:
  • Peserta kelas I sebesar Rp300.000
  • Peserta kelas II sebesar Rp200.000
  • Peserta kelas III sebesar Rp150.000

6. Selesai.

Okey, cukup sekian dulu yah sharing pengalaman ku klaim kacamata dengan BPJS. Nggak perlu malu atau gengsi untuk klaim Kacamata dengan BPJS, karna kita kan juga bayar iuran BPJS tiap bulan. Ini merupakan fasilitas tanggungan kesehatan dari asuransi BPJS, jadi harus kita dukung dan awasi juga penggunaannya.

Oh yaa, walaupun kacamata kini bisa didapatkan secara Gratis, tapi tetap jaga kesehatan mata yah dear..
See you in next post.. ^^





3 comments:

  1. Kalau minta rujukan pake bpjs buat kacamata anti radiasi aja bisa gak... Karena saya sering sekali lihat laptop dan semacamnya jadi kadang mata saya bisa berbayang-bayang kalau melihat sesuatu...

    ReplyDelete
  2. Nama optik yg kakak kunjungi apa ya?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.